Sabtu, 06 Desember 2008

Facebook , Computer Mediated Communication !!

Ingin punya teman di seluruh dunia ?? Saat ini bukanlah suatu hal yang mustahil, melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dengan adanya internet membuat dunia semakin terasa kecil. Dari sini pun kita bisa mencari teman-teman. Banyak situs pertemanan yang ditawarkan di Internet, salah satunya Facebook. Facebook merupakan salah satu situs pencarian teman yang diluncurkan pada4 Fubuari2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Disini kita bisa mencari teman-teman, dari yang kita kenal sampai yang tidak kita kenal.

Facebook merupakan salah salah satu Computer Mediated Communication atau lebih singkatnya disebut CMC . Apaan tuh ?? Menurut John December Computer-Mediated Communication (CMC) is the process by which people create, exchange, and perceive information using networked telecommunications systems (or non-networked computers) that facilitate encoding, transmitting, and decoding messages. Merupakan proses yang dibentuk oleh orang yang membuat, menukar dan mengerti informasi dengan menggunakan sistem jaringan telekomunikasi yang mempunyai fasilitas enkoding, memancarkan dan dekoding pesan.

Komunikasi yang terjadi pada Facebook neh bisa 2 macam, asynchronous communication dan synchronous communication. Lho apa lagi tuh ?? Asynchronous communication adalah komunikasi melalui media internet dengan pengirim dan penyampai pesan dalam berinteraksi tidak berada pada kedudukan tempat dan waktu yang sama, namun pesan tetap sampai pada tujuan/sasaran (penerima). Sedangkan synchronous communication adalah komunikasi melalui internet dengan interaksi yang bersamaan waktunya.

Komunikas asynchronous di Facebook terjadi pada saat saling mengirim pesan (messages) atau saat memberi komentar (write on wall) pada profil orang lain. Sedangkan komunikasi synchronous terjadi jika ada teman yang online pada saat yang bersamaan, misalnya saya(Lisa) dan Lilo online di Facebook pada saat yang sama, kami bisa saling berbicara (chatting) dan berinteraksi pada waktu yang sama.

Menurut saya Facebook merupakan situs yang cukup menarik karena selain digunakan untuk mencari teman, juga terdapat banyak aplikasi-aplikasi lain. Seperti : Pet Society (salah satu aplikasi kesukaanku karena kita bisa merawat hewan peliharaan kita), Who has the biggest brain (dimana kita bisa mengasah otak kita), Geo Challenge (permainan yang membuat kita lebih mengenal bendera negara lain, letaknya di peta pokoknya masalah geografi deh), Word Challenge dan masih banyak lagi. Selain itu hal unik lainnya adalah kita bisa mengirimkan “cokelat” “boneka” "Hug" "Prayer" dan masih banyak lagi ke teman-teman kita lewat internet. Memang barang-barang tersebut tidak bisa dinikmati langsung tetapi lewat pemberian ini, kita bisa menunjukkan bahwa kita peduli pada mereka.

Tapi menurut kami ada satu kekurangan di facebook, yaitu kurangnya privasi. Bisa kita lihat di home, kalau salah satu teman kita ada yg mengubah profil/foto mereka dan semua kegiatan lainnya, informasinya pasti akan muncul di home kita (news feed). Emang bagus sih supaya kita tahu apa yg dilakuin temen kita, tp kalau sampai pesan yg kita tulis di write on wall juga ikut2an di pajang yah...rasanya gimana gitu.
Btw itu semua tergantung dr tanggapan kita juga...


By : 51407019

Sumber : http://www.december.com/john/study/cmc/what.html

edwi.dosen.upnyk.ac.id/Kajian%20internet%20kom.pdf

id.wikipedia.org/wiki/Facebook

Sumber Gambar :

www.rss4lib.com

www.playfish.com/?page=games



2 komentar:

yurica mengatakan...

wah...ternyata di facebook ada permainannya yah.??..baru tau...Hehe..biasa pny faceboook tp ga pernah di buka....^^ soalnya facebook agak rumit dan bosenin tidak seperti friendster....
Hmm...tapi, blog nya bgs kok...informatif...dari ga tau mjd tau...ok deh
Cm perlu di kasih tips agar pngguna terbiasa dgn facebook....
Thx

Danie Cung Cung mengatakan...

Wah.. bahasa facebook juga.. saya juga bahas lo..
hehehe..

facebook emang keren banget! apalagi banyak aplikasi yang juga bikin betah.. salah satunya.. Pet Society haha..

kirimin acel coklat ya..